1. BARIS PERINTAH TUNGGAL
- Cara memberi instruksi kepada komputer secara langsung, dapat berupa tombol fungsi, karakter kata, atau kombinasi
- Cocok untuk perintah berulang
- Lebih tepat untuk pengguna yang ahli
- Menyediakan akses langsung pada fungsi sistem
- Baris perintah harus mempunyai makna/arti
- Contoh : sistem Unix/Linux, DOS
C:\>DIR digunakan untuk menampilkan nama-nama berkas yang terdapat pada harddisk yang diberi identitas sebagai harddisk C
- Untuk meminimalkan beban ingatan dan kesalahan pengetikan :
- gunakan format perintah yang konsisten
- tambahkan fasilitas bantuan (help)
- gunakan nilai - nilai default untuk mengurangi kesalahan ketik sediakan
pesan - pesan yang jelas
2. BARIS PERINTAH TERSTUKTUR
- Dialog ini memungkinkan perintah lebih dari satu baris yang dikemas dalam satu berkas biasanya disebut batch file, contoh : dalam DOS hampir selalu ada sebuah berkas bernama AUTOEXEC.BAT. Berkas ini sebenarnya merupakan bentuk kemasan dari sejumlah perintah – perintah DOS.
@ECHO OFF
PROMPT $p$g
PATH C:\WINDOWS;C:\DOS
SET TEMP-C:\DOS
C:\WINDOWS\DXPMODE 60
C:\WINDOWS\MSCDEX.EXE /S /D:MSCD001 /M:8 /V
C:\DOS\SMARTDRV.EXE /X
Jika diperhatikan isi file diatas maka masing – masing perintah sebenarnya perintah yang berdiri sendiri. Jika ada pengguna yang kurang kerjaan maka segera setelah ia menghidupkan komputernya ia akan selalu mengetikkan perintah – perintah di atas satu demi satu. Tetapi bagi pengguna yang ’smart’, dapat dipastikan ia tidak akan mengetikkan perintah – perintah di atas satu per satu. Karena dengan memberikan perintah
C:\>AUTOEXEC ↵
maka keseluruhan perintah diatas akan dikerjakan komputer
- Keuntungan : lebih cepat dan ringkas
- Kerugian : penelusuran kesalahan
3. MENU
- Sekumpulan pilihan tampil di layar
- Pilihan tampil sesuai permintaan
- Dipilih dengan menggunakan mouse,kode bilangan/huruf
- Pilihan dikelompokkan secara urut : sangat penting membuat pengelompokan yang baik
- Sistem menu dapat berupa :
- Menu Datar Cara akses pilihan dapat menggunakan selektor pilihan yaitu bullet yang dapat berupa angka/huruf, dapat juga dengan kursor ←↑→ ↓ (highlight marker) dan tombol enter
- Menu Tarik (pulldown menu/ pop-up menu)
- Disebut menu tarik, karena seolah – olah kita “memegang” sebuah menu/pilihan dan kemudian “menarik” ke bawah (atau ke samping, ke atas) untuk melihat submenu dari menu/pilihan tersebut.
- Setelah pilihan dikonfirmasikan, maka daftar subpilihan menjadi tidak terlihat lagi
- Memanfaatkan sistem WIMP
4. BAHASA ALAMI
- Pengguna memberikan instruksi – instruksi dalam bahasa alami yang lebih umum sifatnya.
- Jika dialog berbasis perintah tunggal instruksinya sangat dibatasi oleh sintaksis yang digunakan
- Dengan bahasa alami, pengguna dapat memberikan instruksinya dengan kalimat – kalimat yang lebih manusiawi.
- Kata-kata/ bahasa sehari-hari bisa digunakan, seperti DISPLAY ALL dalam dBase
- Contoh : dalam bahasa Pascal
Begin
Readln(T,S);
If IpSem > 3.0 then
Writeln(namamahasiswa);
End;
- Masalah : ketidakjelasan (vague) dan bermakna ganda/rancu (ambigu)
- Solusi : dicoba untuk mengerti komunitas pemakai
5. DIALOG DENGAN TANYA JAWAB TERSTRUKTUR (QUERY)
- Bila pengguna melakukan interaksi dengan menggunakan serangkaian pertanyaan
- Cocok untuk pengguna pemula
- Selalu digunakan dalam sebuah sistem informasi
- Bahasa query digunakan untuk menyusun informasi yang akan ditampilkan dari database berdasarkan jawaban dari proses tanya jawab tersebut
- Efektifitas penggunaannya tergantung pada pemahaman struktur database, bahasa pemrograman dan pembuatnya.
- Contoh : SQL
6. FORMULIR ISIAN (BORANG) DAN LEMBAR KERJA (SPREADSHEET)
FORMULIR ISIAN
- Sebagai dasar untuk pendataan
- Layar berbentuk formulir
- Data diinputkan pada kolom-kolom yang telah tersedia
- Perlu rancangan yang baik dan ada fasilitas perbaikan (koreksi)
SPREADSHEET
- Formulir isian dengan beragam variasi
- Ada sel-sel yang dapat diisi data atau formula(rumus)
- Rumus dapat berisi nilai yang melibatkan isi sel-sel yang lain, misal penjumlahan dalam 1 kolom
- Pengguna dapat mengisi dan mengganti data namun lembar kerja tetap akan konsisten dengan perubahan tersebut, sehingga hasilnya tetap benar sesuai rumus yang telah ditentukan.
- Contoh : Visicalc, Q-Pro, Lotus 123, Excel
7. WIMP
- Window Icon Menu Pointer atau Window Icon Mouse Pull-down Menu
- Merupakan model baku untuk sistem komputer interaktif saat ini, khususnya untuk PC
- Window
- Icon
- Pointer
- Menu
Sumber :
http://idhaclassroom.com/download/interaksi-manusia-dan-komputer/Interaksi%20Manusia%20dan%20Komputer.pdf
http://www.google.com
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam, dan tuliskan nama jelas.