http://www.facebook.com/yudha.pradipta.1

Saturday 12 February 2011

0
Pemrograman Sistem

Perbedaan Program Sistem Dengan Program Lainnya

     Program Sistem adalah program atau perangkat lunak yang diperlukan untuk perancangan suatu sistem baru atau perangkat lunak yang di butuhkan untuk pengeksekusian program aplikasi. Dengan kata lain program sistem adalah suatu minimum sistem yang di perlukan agar suatu komputer dapat bekerja dan dapat
di gunakan oleh user dan sebagai jembatan antara user dengan komputer. Dalam hal ini saya lebih menekankan pengertian program sistem dengan contoh sistem operasi.
     Program Lainnya, ini berkenaan dengan suatu program aplikasi dan erat hubungannya dengan program sistem. Jadi, dengan kata lain suatu program aplikasi tidak mampu berdiri sendiri tanpa adanya suatu program sistem. Pengertian Program Aplikasi itu sendiri adalah program atau perangkat lunak yang di rancang untuk melaksanakan tugas khusus dari user/pengguna. contohnya adalah Adobe Photoshop, OpenOffice, dll.
     Jadi yang membedakan antara program sistem dan program lainnya adalah ruang lingkup penggunaan program itu sendiri dan lingkungannya dalam sebuah sistem komputer.


Pemrograman Sistem Dengan Aktivitas Pemrograman Lainnya

     Pemrograman Sistem adalah kegiatan merancang atau mengimplementasikan suatu program sistem. Kegiatan pemrograman sistem ini lebih mengacu kepada bagaimana suatu program sistem dapat berjalan lebih efektif dan berdaya guna lebih besar, seperti efektiffitas penggunaan sistem komputer, efektifitas sumber daya manusia dalam pengembangan perangkat lunak serta efisiensi optimalisasi biaya.
     Ativitas pemrograman lainnya lebih di tekankan di atas suatu program sistem, dimana segala kegiatannya dilakukan di atas program sitstem dan kegiatannya lebih di khususkan untuk suatu tujuan tertentu, Seperti Scientific Program, Data Processing Program, Application Program.

Sistem Operasi Mobile Dan Komputer

     Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang di gunakan sebagai jembatan antara user dengan perangkat keras pada suatu komputer. Sistem Operasi di gunakan untuk membantu user dalam menggunakan komputer, mengefektifkan penggunaan komputer, serta memanfaatkan perangkat keras yang terbatas agar lebih efisien. 
Sistem Operasi yang digunakan untuk perangkat mobile diantaranya adalah :
  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
  • Windows Mobile adalah salah satu sistem operasi (OS) mobile yang dikembangkan oleh Microsoft dan di desain untuk digunakan pada smartphone dan perangkat nirkabel lainya. Versi saat ini disebut 'Windows Mobile 6.5'. OS ini berbasis pada Windows CE 5.2 Kernel, dan fitur-fiturnya dikembangkan menggunakan Microsoft Windows API.
  • iPhone OS, RIM BlackBerry dan Palm WebOS.
  • Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Versi Symbian yang terbaru adalah Symbian OS v9.5s. Sedangkan ponsel yang paling banyak beredar saat ini menggunakan Symbian OS v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS, dan v9.1s.
Lalu sistem operasi yang biasa digunakan oleh personal komputer dan mendominasi pasaran saat ini adalah :
  • Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka berbasis grafik (graphical user interface). Contohnya : Windows NT, Windows XP,Windows Server 2003,Windows Vista,Windows Home Server,Windows 7,Windows 8.
  • Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Contohnya : Backtrack,ubuntu,debian.
  • Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86. Contohnya Mac OS X.

Sumber :  
  • http://id.wikipedia.com,
  • http://www.google.com, 
  • http://forkammi-online.blogspot.com/2009/04/pemrograman-sistem.html, http://www.total.or.id/info.php?kk=system%20program, 
  • http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/computer-system-s1/pemrograman-sistem, 
  • http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/computer-system-s1/sistem-operasi
  • PEMIKIRAN SENDIRI

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam, dan tuliskan nama jelas.

 
BASIC IT | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog