http://www.facebook.com/yudha.pradipta.1

Monday 29 November 2010

0
Tugas Bahasa Indonesia 2

Gempa 5,6 SR melanda Sukabumi
SUKABUMI (Pos Kota) – Gempa bumi berkekuatan 5.4 Skala Richter (SR) melanda sebagian wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Senin (29/11). Dari rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) disebutkan lokasi gempabumi terjadi di 8.41 LS – 106.82 BT terjadi pukul 17:27:17 WIB dengan kedalaman
10 km di wilayah 165 km Barat Daya Sukabumi, Jawa Barat.

Kendati tidak ada berpotensi tsunami, getaran gempa dirasakan warga di wilayah Kota Sukabumi. Getaran gempa tidak dirasakan warga Kabupaten Sukabumi wilayah utara. Warga yang merasakan getaran gempa mengaku cukup panic lantaran khawatir terjadinya gempa susulan yang lebih besar.

“Saya merasakan gempa paling beberapa detik. Ketika saya berada di warnet, hamper semua pengunjung di sini pada keluar. Mungkin khawatir gempanya besar.

Alhamdulilah, cukup kecil,” kata Wulan, salah seorang warga Kota Sukabumi kepada Pos Kota. Lain hanya dengan warga di Utara Sukabumi, khususnya di wilayah Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Kebanyakan mengaku tidak merasakan adanya getaran gempa bumi. “Ah tidak tahu, malah kami tidak merasakan adanya getaran,” aku Wahyudi, warga Cibadak.

Sejauh ini belum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa tersebut. Sebelumnya, warga Sukabumi dilanda kepanikan setelah wilayahnya digoyang gempa bumi berkekuatan 5,7 SR, Selasa (9/11) malam. Dari data BMKG, gempa bumi itu berlokasi 8.15 LS-107.15 BT dengan Kedalaman 14 Km 139 km Tenggara Sukabumi-Jawa Barat sekitar pukul 19.43 WIB.

Saking paniknya, begitu  gempa sekitar 5 detik itu terjadi warga berhamburan kel luar rumah. Mereka khawatir gempa tersebut sama dengan gempa bumi yang terjadi pada 2 September 2009 lalu. Bahkan, begitu beberapa saat setelah gempa, sejumlah warga salah seorang masuk ke rumahnya.
Kesimpulan :
Dari bacaan diatas terdapat kalimat yang harus diperbaiki agar para pembaca dapat memahami bacaan tersebut dengan baik dan benar, yang harus diperbaiki dari bacaan diatas adalah sebagai berikut :
1. Paragraf 1 (dari rilis > menurut)
2. Paragraf 1 (disebutkan > diberitahukan)
3. Paragraf 2 (kendati tidak ada berpotensi tsunami > gempa tersebut tidak berpotensi tsunami)
4. Paragraf 2 (panic > panik)
5. Paragraf 2 (lantaran > karena)
6. Paragraf 3 (paling > hanya)
7. Paragraf 3 (hamper > hampir)
8. Paragraf 4 (pada keluar > berhamburan keluar)
9. Paragraf 4 (mungkin khawatir gempanya besar > karena, khawatir akan terjadi gempa besar)
10. Paragfraf 4 (kata wulan > ungkap/tegas wulan)
11. Paragraf 4 (salah seorang > yang merupakan salah seorang warga dari Kota Sukabumi)
12. Paragraf 5 (lain hanya > lain halnya)
13. Paragraf 6 (kel luar > ke luar)
14. Paragraf 6 (begitu  gempa sekitar 5 detik > 5 detik setelah gempa terjadi,)
Harian Poskota ini jelas berbeda dari harian koran berita yang lainnya, dari bacaan diatas terdapat banyak kesalahan dalam menuliskan kosakata yang baik, dan penempatan kalimat-kalimat yang dapat/mudah dibaca, biasannya para pembaca tersebut terdiri dari kalangan ekonomi menengah ke bawah.
Sumber :
Harian berita PosKota Senin, 29 Nov 2010

Penerbangan ke daerah Malang di tutup

JAKARTA, KOMPAS.com — Mulai Senin (29 /11/2010) pukul 10.20 WIB hingga Sabtu (4/12/2010) pukul 17.00 WIB, Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, tidak melayani penerbangan untuk rute Jakarta menuju Malang, Jawa Timur.

Hal tersebut mengacu pada Notam (Notice to Airman) Nomor C 00920/10 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan selaku otoritas penerbangan nasional tentang penutupan Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang, yang dikeluarkan hari Senin ini.

Sebagaimana dijelaskan dalam Notam tersebut, penutupan ini terkait dengan kondisi sebaran debu vulkanik akibat peningkatan aktivitas Gunung Bromo. Adapun maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta-Malang dari Bandara Soekarno Hatta adalah Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, dan Batavia Air.

Pada operasional penerbangan hari ini, pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ250 yang dijadwalkan terbang dari Jakarta ke Malang telah mendarat di Bandara Abdul Rachman Saleh pada pukul 07.00 WIB; Garuda Indonesia (GA290) yang dijadwalkan mendarat pada 07.0 0 WIB tiba pada 07.23 WIB; Batavia Air (Y6243) yang semula dijadwalkan tiba di Malang pukul 10.20 WIB, dijadwalkan ulang 11.30 WIB dan hingga saat ini belum melakukan penerbangan.

"Untuk jadwal-jadwal penerbangan lain di atas waktu tersebut, kami masih melakukan koordinasi dengan pihak maskapai penerbangan yang bersangkutan," ungkap Corporate Secretary Angkasa Pura II, RP Hari Cahyono, Senin. 

Kesimpulan dari harian Kompas ini, terdapat kalimat/kosakata yang baik dan benar sesuai dengan EYD sebagaimana dituliskan tata cara / pengaturan tata letak bahasanya yang baik dan lengkap, serta alur cerita yang baik, dan jelas.



0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam, dan tuliskan nama jelas.

 
BASIC IT | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog