http://www.facebook.com/yudha.pradipta.1

Sunday 10 October 2010

0
Tips Menghindari Pembajakan Email Melalui Forgot Password

     Banyaknya keluhan mengenai hacking email di dunia maya terutama di situs jejaring sosial seperti facebook, menggerakan hati nurani saya untuk menulis posting ini. Dari sekian banyak pembajakan email facebook, yang paling sering terdengar adalah dengan teknik pembajakan email melalui forgot password, dimana sang hacker membobol email alternatif(adalah email yang digunakan untuk mengkonfirmasi account facebook, contohnya yahoo) terlebih dahulu kemudian baru membobol email facebooknya. 

     Prosesnya adalah pertama sang hacker mencari informasi-informasi mengenai orang yang akan di hack account facebooknya, kemudian sang hacker mencari alamat email alternatif sebagai penghubung dari facebook contohnya yahoo. Lalu sang hacker mencoba membobol email alternatif tersebut dengan cara forgot password dan mencoba menembus security question, jika berhasil maka password akan tereset dan hanya hacker tersebut yang tau password email tersebut yang baru saja tereset. Kemudian jika email alternatif sudah berhasil di tembus, sang hacker mencoba hal yang sama pada email facebooknya, ketika proses reset password pada facebook terjadi, maka facebook akan secara otomatis mengirimkan kode konfirmasi reset password ke email alternatif dan disini fungsinya sang hacker membobol email alternatif dahulu sebelum membobol email facebooknya. Jadi jika orang yang account facebooknya tidak bisa di buka lagi, bisa saja terjadi karena teknik hacking seperti ini. Untuk itu saya berikan beberapa tips menghindari kejadian seperti ini :
  1. Usahakan password email alternatif dan email facebook berbeda.
  2. Kombinasikan password anda dengan kata-kata yang susah di tebak atau dengan menambahkan karakter-karakter string, usahakan password anda lebih dari 8 digit, contoh : adRF@#$3tZx3!!F_xx.
  3. Perkuat security question pada email alternatif anda, usahakan pertanyaan dan jawaban berbeda dan relatif sulit serta panjang.
  4. Hilangkan alamat email anda pada info profil di facebook.
  5. Gantilah password email anda secara berkala minimal 3 bulan sekali.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam, dan tuliskan nama jelas.

 
BASIC IT | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog