http://www.facebook.com/yudha.pradipta.1

Monday 15 March 2010

0
Model - Model Sistem Interaksi

1. BARIS PERINTAH TUNGGAL

  • Cara memberi instruksi kepada komputer secara langsung, dapat berupa tombol fungsi, karakter kata, atau  kombinasi
  • Cocok untuk perintah berulang
  • Lebih tepat untuk pengguna yang ahli
  • Menyediakan akses langsung pada fungsi sistem
  • Baris perintah harus mempunyai makna/arti
  • Contoh : sistem Unix/Linux, DOS

            C:\>DIR digunakan untuk menampilkan nama-nama berkas yang terdapat pada harddisk yang diberi identitas sebagai harddisk C
  • Untuk meminimalkan beban ingatan dan kesalahan pengetikan :
          - pilihlah kata kunci yang mudah diingat (pendek/singkatan)
          - gunakan format perintah yang konsisten
          - tambahkan fasilitas bantuan (help)
          - gunakan nilai - nilai default untuk mengurangi kesalahan ketik sediakan
            pesan - pesan yang jelas

2. BARIS PERINTAH TERSTUKTUR
  • Dialog ini memungkinkan perintah lebih dari satu baris yang dikemas dalam satu berkas biasanya disebut batch file, contoh : dalam DOS hampir selalu ada sebuah berkas bernama AUTOEXEC.BAT. Berkas ini sebenarnya merupakan bentuk kemasan dari sejumlah perintah – perintah DOS.

              @ECHO OFF
              PROMPT $p$g
              PATH C:\WINDOWS;C:\DOS
              SET TEMP-C:\DOS
              C:\WINDOWS\DXPMODE 60
                           C:\WINDOWS\MSCDEX.EXE /S /D:MSCD001 /M:8 /V
                           C:\DOS\SMARTDRV.EXE /X

Jika diperhatikan isi file diatas maka masing – masing perintah sebenarnya perintah yang berdiri sendiri. Jika ada pengguna yang kurang kerjaan maka segera setelah ia menghidupkan komputernya ia akan selalu mengetikkan perintah – perintah di atas satu demi satu. Tetapi bagi pengguna yang ’smart’, dapat dipastikan ia tidak akan mengetikkan perintah – perintah di atas satu per satu. Karena dengan memberikan perintah

                         C:\>AUTOEXEC ↵

maka keseluruhan perintah diatas akan dikerjakan komputer

  • Keuntungan : lebih cepat dan ringkas
  • Kerugian : penelusuran kesalahan

3. MENU
  • Sekumpulan pilihan tampil di layar
  • Pilihan tampil sesuai permintaan
  • Dipilih dengan menggunakan mouse,kode bilangan/huruf
  • Pilihan dikelompokkan secara urut : sangat penting membuat pengelompokan yang baik
  • Sistem menu dapat berupa :
  • Menu Datar Cara akses pilihan dapat menggunakan selektor pilihan yaitu bullet yang dapat berupa angka/huruf, dapat juga dengan kursor ←↑→ ↓ (highlight marker) dan tombol enter
  • Menu Tarik (pulldown menu/ pop-up menu)
  • Disebut menu tarik, karena seolah – olah kita “memegang” sebuah menu/pilihan dan kemudian “menarik” ke bawah (atau ke samping, ke atas) untuk melihat submenu dari menu/pilihan tersebut.
  • Setelah pilihan dikonfirmasikan, maka daftar subpilihan menjadi tidak terlihat lagi
  • Memanfaatkan sistem WIMP

4. BAHASA ALAMI
  • Pengguna memberikan instruksi – instruksi dalam bahasa alami yang lebih umum sifatnya.
  • Jika dialog berbasis perintah tunggal instruksinya sangat dibatasi oleh sintaksis yang digunakan
  • Dengan bahasa alami, pengguna dapat memberikan instruksinya dengan kalimat – kalimat yang lebih manusiawi.
  • Kata-kata/ bahasa sehari-hari bisa digunakan, seperti DISPLAY ALL dalam dBase
  • Contoh : dalam bahasa Pascal
                While not eof(T) do
                             Begin
                                    Readln(T,S);
                                    If IpSem > 3.0 then
                                           Writeln(namamahasiswa);
                             End;

  • Masalah : ketidakjelasan (vague) dan bermakna ganda/rancu (ambigu)
  • Solusi : dicoba untuk mengerti komunitas pemakai

5. DIALOG DENGAN TANYA JAWAB TERSTRUKTUR (QUERY)

  • Bila pengguna melakukan interaksi dengan menggunakan serangkaian pertanyaan
  • Cocok untuk pengguna pemula
  • Selalu digunakan dalam sebuah sistem informasi
  • Bahasa query digunakan untuk menyusun informasi yang akan ditampilkan dari database berdasarkan jawaban dari proses tanya jawab tersebut
  • Efektifitas penggunaannya tergantung pada pemahaman struktur database, bahasa pemrograman dan pembuatnya.
  • Contoh : SQL
                select nim,nama from mahasiswa where ipk>=3.0

6. FORMULIR ISIAN (BORANG) DAN LEMBAR KERJA (SPREADSHEET)

FORMULIR ISIAN
  • Sebagai dasar untuk pendataan
  • Layar berbentuk formulir
  • Data diinputkan pada kolom-kolom yang telah tersedia
  • Perlu rancangan yang baik dan ada fasilitas perbaikan (koreksi)

SPREADSHEET
  • Formulir isian dengan beragam variasi
  • Ada sel-sel yang dapat diisi data atau formula(rumus)
  • Rumus dapat berisi nilai yang melibatkan isi sel-sel yang lain, misal penjumlahan dalam 1 kolom
  • Pengguna dapat mengisi dan mengganti data namun lembar kerja tetap akan konsisten dengan perubahan tersebut, sehingga hasilnya tetap benar sesuai rumus yang telah ditentukan.
  • Contoh : Visicalc, Q-Pro, Lotus 123, Excel

7. WIMP
  • Window Icon Menu Pointer atau Window Icon Mouse Pull-down Menu
  • Merupakan model baku untuk sistem komputer interaktif saat ini, khususnya untuk PC
  • Window
  • Icon
  • Pointer
  • Menu

Sumber :

http://idhaclassroom.com/download/interaksi-manusia-dan-komputer/Interaksi%20Manusia%20dan%20Komputer.pdf

http://www.google.com

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam, dan tuliskan nama jelas.

 
BASIC IT | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog